Header Ads

Mau wajah terlihat awet muda? Ini yang biasa Lisa lakukan

Memiliki wajah awet muda itu sebenarnya tidak perlu penanganan khusus atau perawatan wajah yang mahal lho guys. Tidak perlu suntik vitamin C, suntik botox atau bahkan operasi plastik ala ala korea gitu. Walau seringnya aku berada di lapangan dan berpanas-panasan, aku ga ingin salah satu aset berharga ini menjadi kusam dan berjerawat. Yuk, aku mau share beberapa pengalaman dan tips cara merawat wajah agar tetap awet muda #ceileh.



1. Rajin membersihkan wajah.
Tentu saja harus menggunakan pembersih wajah yang aman dan cocok untuk wajah kita. Dan ini yang paling penting : jika wajah kita sudah cocok memakai satu produk pembersih, sebaiknya jangan mengganti dengan produk yang lain karena belum tentu produk tersebut cocok untuk wajah kita. Nah, membersihkan wajah harus secara teratur, minimal sehari 2x (pada saat mandi). Aku biasanya membersihkan wajah 4x sehari : bangun tidur (sebelum sholat Subuh), mandi pagi, mandi sore, dan sebelum tidur. Intensitas aku membersihkan wajah bertambah ketika dalam sehari terdapat beberapa kegiatan yang mengharuskan aku tampil segar.

2. Konsumsi makanan segar (terutama yang mengandung banyak vitamin dan mineral seperti buah dan sayur) dan hindari makanan yang tidak jelas asal usulnya (makanan cepat saji, gorengan, jajan pinggir jalan).
Bagi pecinta kuliner, hal ini tentu sangat menjengkelkan. Tetapi jika kalian sudah kenal betul si penjual dan sudah yakin betul bahwa produk yang dihidangkan aman untuk tubuh (baik dari segi bahan baku hingga proses penyajian), itu justru semakin bagus dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan bukan? Buah dan sayur itu penting untuk tubuh kita lho guys. Sudah makan buah dan sayur hari ini?

3. Olahraga kecil-kecilan.
Seiring bertambahnya umur pasti juga semakin menambah ukuran aktivitas sehingga waktu berolahraga kita semakin menipis dan lama-lama semakin tidak ada waktu untuk berolahraga. Oleh karena itu, disarankan untuk berlatih olahraga rumahan semacam fitness dan yoga (bagi yang punya uang dan waktu). Jika kita tidak memiliki budget lebih, kita bisa memulai olahraga murah meriah pada hari libur, yaitu lari dan jalan keliling kompleks rumah. Atau kita dapat mencoba sit up, push up, back up dan stretching badan pada saat bangun tidur dan akan menuju tidur. Dengan adanya gerakan yang teratur ini, keringat akan keluar dan membuang racun tubuh, selain itu darah dapat dipompa dengan lancar menuju/dari jantung/seluruh tubuh, sehingga setiap hari kita akan merasakan perasaan yang lega daaan sudah tentu pasti kita akan menjadi awet muda.

4. Kurangi menghadap layar gadget, smartphone dan laptop.
Benda-benda ini sudah tak asing lagi dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Benar sekali kita tidak dapat hidup tanpa mereka, tetapi yang harus kita ingat adalah reduksi, radiasi dan dampak negatif yang dikeluarkan oleh benda-benda elektronik akan sangat merugikan bagi tubuh jika kita terlalu sering berdekatan dengan benda tersebut. Tentu saja radiasi tersebut akan membuat kita susah tidur dan akhirnya membuat kulit kita menjadi keriput. Bisa dibayangkan jika kita masih umur 20-an kulit atau wajah tampak seperti umur 40-an. Ngeri lho..

5. Jarang selfie
Ada teman laki-laki yang mengeluh dan berkata padaku langsung, "lis, kamu kok ga pernah selfie sih, kamu gak suka yo, padahal muka mu oke lho, potensial banget kalo mau jadi artis sosmed, sakjane aku hobi stalking sosmedmu, kayak pengagum rahasia ngunu hahaha, saiki wes gak rahasia maneh. gak aku thok lis, arek-arek yo sak pendapat ambek aku. tapi awak ndewe ngerti kok, kagum ambek awakmu, ayu mu gak ilang-ilang, gak berubah koyok biyen"
Hahaha, walaupun saat itu aku pasang wajah jaim dan jutek gara-gara di sepik, tapi hati ini terlanjur bangga dan bersyukur. Bukti kalau ga selfie bukan berarti ga eksis.
Ada yang bilang selfie adalah cerminan diri dan dari selfie kita akan tau apa saja yang berubah dari wajah kita. Sebenarnya, harfiahnya yang membuat "berubah" itu sebagian besar bukan dari perubahan alami wajah kita, tetapi karena ketidakterimaan kita akibat ketidaksempurnaan wajah. Barangkali karena terlalu sering melihat orang atau artis cantik sehingga hati tiba-tiba berhasrat untuk menjadi cantik seperti orang/artis cantik yang dilihat. Menyebabkan bertambahnya hormon kedewasaan (padahal bisa jadi belum saatnya hormon kedewasaan itu tumbuh), dan berbuat sedemikian rupa untuk tampil cantik kemudian sering melihat cermin dan sering pinjem hape temen untuk selfie. Well, aku hanya bisa bilang : hati-hati bisa jadi penyakit karena kurangnya rasa bersyukur kamu.
Jadi, sebaiknya, tampil adanya saja. Lebih baik orang menyukaimu karena apa adanya kamu (point utama awet muda), daripada menyukai kamu karena ada apanya (hmmm make up tebal dan aplikasi foto android mungkin).

6. Perbanyak frekuensi menghirup udara segar dipagi hari.
Banyak penelitian yang menyatakan ketika sinar matahari mulai menyinari dedaunan, dan tumbuhan, tanaman merubah proses respirasi mereka (dari yang menghirup Oksigen dimalam hari dan menjadi menghirup Karbondioksida disiang hari) maka disinilah proses fotosintesis terbaik untuk manusia. Ditambah lagi dengan udara yang masih segar di pagi hari. Udara segar yang kaya akan Oksigen ini dibawa oleh darah dan diedarkan keseluruh jaringan tubuh. Kita akan merasakan sensasi kesegaran dan ketenangan, tentu saja membuat kita menjadi rileks dan awet muda hihihi.


7. Bermain dengan hewan
Kebetulan aku punya sepasang kura-kura dirumah. Aku merawatnya dari masih berukuran 4 cm hingga sekarang besarnya hampir 20 cm. Aku benar-benar mencurahkan kasih sayang pada mereka dan kata tetangga sebelah rumah hal itu yang bikin aku ga tua tua..xixixi. Sebenarnya selain aku bisa mencurahkan kasih sayang, dengan adanya hewan peliharaan aku bisa mengurangi tingkat stres hingga 50%. Rasanya lega banget.
Tapi, untuk mencurahkan kasih sayang dan mengurangi tingkat stres juga tidak perlu repot membeli dan merawat hewan lho, kita bisa memberikan minimal air putih untuk kucing dijalan atau sesekali mengunjungi kebun binatang. Ga ada ruginya ;)

8. Kurangi make up tebal dan tampil se-natural mungkin.
Jaman sekarang yang sangat memprihatinkan adalah ketika ada ABG berusia baru belasan (bahkan ada yang berumur 7 tahun) meniru tokoh televisi dan memakai make up sehingga dia terlihat lebih dewasa dibanding umurnya. Wajah yang berumur belasan dipaksa mengkonsumsi bahan kimia kosmetik akan mengeluarkan semacam zat pertahanan yang akan memberi dampak kulit menyusut. Ditambah lagi kurangnya pengetahuan ABG tentang bahaya kosmetik serta apabila tidak membersihkannya secara teratur (akan menyumbat pori-pori sehingga dapat menimbulkan jerawat). Wajah tersebut terus menerus melakukan kegiatan pertahanan, sehingga apabila kita semakin menua, maka wajah akan terlihat lebih tua dibanding usia yang dimiliki. Hmmm tidak ada salahnya bukan kita tampil natural? Selain memperlihatkan kesederhanaan kita, juga baik untuk kesehatan wajah kita.


9. Kurangi menonton tayangan televisi yang tidak bemanfaat.
Seperti sinetron yang hanya menampilkan faktor kekayaan, faktor kecantikan dan faktor kepopularitasan. Indonesia adalah negara yang konsumtif. Gampang sekali menginginkan sesuatu hanya dengan melihat. Dan jika sesuatu itu tidak didapatkan, tidak jarang selalu menggunakan cara yang tidak baik. Nah, jika kita mengurangi menonton tayangan yang tidak bermanfaat, maka secara langsung kita juga mampu mengurangi daya konsumtif kita. Dan kita akan menjadi dewasa sesuai umur kita.

10. Kurangi stress dan perbanyak tertawa.
Tidak perlu memaksa teman-teman untuk pergi keluar, jika ujung-ujungnya kita hanya sibuk dengan gadget masing-masing. Yang paling ekonomis dan efisien adalah menonton film kartun (Tom & Jerry, Masha and The Bear, Doraemon dll) dan film komedi lainnya (Mr. Bean, Opera Van Java, Super Trap dll) bersama teman-teman atau keluarga. Dijamin dah kalian gak akan pernah merasa menjadi tua.


11. Jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk bekerja.
Jika kalian berasal dari keluarga berada, kalian harus memanfaatkannya untuk kepentingan pendidikan. Karena stres akibat memikirkan tugas tiap-tiap mata kuliah berbeda dengan stres memikirkan pekerjaan. Coba bandingkan kalian yang masih kuliah dan teman kalian yang sudah bekerja, jelas terasa perbedaannya bukan?

12. Jika kalian sudah bekerja, jangan terlalu terbawa perasaan pada beban pekerjaan yang dihadapi.
Anggap saja semua masalah dalam pekerjaan hanya batu kerikil yang sekali saja kita sentil langsung menghilang. Jika kalian terbawa akan masalah setiap harinya, kalian akan menjadi stres, darah yang mengalir dalam tubuh menjadi tidak lancar, rambut kalian akan lebih cepat berubah menjadi putih dan wajah kalian cepat menjadi keriput. Hiiiii

13. Ubah mainset pikiran.
Jika orang tua dahulu menginginkan putra putrinya menikah diusia muda (setelah lulus SMP/SMA langsung menikah), jaman sekarang pemikiran tersebut harus diubah. Pernikahan harus memiliki banyak persiapan yang matang, diantaranya materi dan umur. Coba kita lihat disekitar kita, ada seorang perempuan yang menikah setelah lulus SMA kemudian memiliki anak, bandingkan dengan kita yang masih kuliah atau yang sedang bekerja. Jelas perbedaan yang terlihat, dari sifat-tingkah laku-cara berpikir-pemikiran mengatasi solusi dan yang paling penting penampilan. Bukan berarti pernikahan diusia muda itu dilarang. Boleh kita menunda dulu pernikahan dengan catatan kita punya alasan kuat diantaranya untuk menuntut ilmu atau sedang bekerja. Ibarat sebuah tangga yang mengukur penampilan manusia pada umur yang sama (kita ambil contoh umur 21 tahun) dimana tangga paling atas adalah tangga yang paling bagus penampilannya (yaitu wanita yang masih kuliah), tangga paling bawah (adalah wanita yang sudah memiliki keluarga dan anak) dan diantara kedua tangga tersebut terdapat tangga dimana wanita yang sedang bekerja. Tidak percaya? Coba buat penelitian dan ambil sample orang-orang sekitar kita, dengan catatan umur harus sama dan profesi harus berbeda.

14. Porsi tidur yang cukup.
Relaksasi tubuh pada malam hari ketika tidur sangat bermanfaat hanya ketika porsi minimal tidur dipenuhi. Jika kurang dari itu, maka tubuh akan mengalami proses kemunduran untuk mendegradasi sel rusak. Menyebabkan pengeriputan kulit. Tentu saja jika kita tidak memperhatikan porsi tidur, kita akan mengalami percepatan keriput pada kulit.

15. Minum air putih minimal delapan gelas sehari.
Ini yang sering diabaikan karena dianggap ga terlalu penting, ya ga? Padahal banyak sekali lho manfaat air putih untuk tubuh, diantaranya untuk memperbaiki sel rusak dan mendorong racun keluar dari tubuh melalui saluran ekskresi. Banyak minum air putih membuat tubuh tampak lebih segar dan menjadi awet muda.


Nah, mudah sekali kan penerapannya? Ayuk, yang wajahnya ingin terlihat awet muda, coba terapkan hal-hal simple diatas ya. Selamat mencoba :D

Tidak ada komentar

Hai. Terima kasih sudah berkunjung.
Bunga mawar mekar di taman. Beri komentar lalu berteman ^^

Diberdayakan oleh Blogger.