Header Ads

Jalan-jalan di Pasar Ikan Hias Gunungsari

Looong weekend bagi sebagian orang, tapi tidak buatku. Walau hari raya idul adha kedua, Jum'at kemarin aku tetap diharuskan datang melapor pada profesorku, membicarakan tentang penelitian, proyek dan masa depan ehheheheh. Lalu tibalah hari ini aku ga ngapa-ngapain di rumah. Seandainya kemarin juga libur, pasti hari ini aku uda liburan di Wajak-Malang.

Frustasi kaki ini ingin berjalan jauh, kuputuskan setelah dhuhur aku jalan-jalan ke pasar ikan. Eits, tapi ini bukan pasar ikan mati yang suka dikunjungi oleh ibu-ibu. Ini adalah pasar ikan hidup yang juga menjadi tempat favorit anak-anak perikanan sepertiku hueheheh. Nama tempat ini Pasar Ikan Hias Gunungsari, aku biasa nyebut PIHGS. Berkali-kali datang kesini tidak membuat aku bosan untuk berkunjung lagi dan lagi. Sampai-sampai pak penjaga pos parkir depan mengenali motor, jaket dan wajahku tentunya. Aaloo pak *nyengir*. Sayangnya aku ga tau siapa nama beliau, gak pake name tag soalnya xixixi.


Kebetulan hari ini adalah hari Sabtu dan baru kusadari ketika mau belok ke pos parkir. Aduuh, rame bingiiitt. Karena ramai, aku jadi ga berminat menyapa 3 pemilik toko langganan. Setelah membeli pakannya Caca Lip, aku jalan mengitari belakang pasar kemudian pulang. Egh, ada yang tanya siapa itu Caca Lip? Mereka hewan peliharaan aku xixixi. Sepasang kura-kura menggemaskan yang uda berumur 3-4 tahun. 


Bagi teman-teman yang ingin kesana dan ingin "kulakan" ikan, lebih tepat jika datang di hari Rabu dan Sabtu, karena sudah dipastikan akan ada banyak penjual yang datang dari berbagai kawasan Jawa Timur (ada juga penjual dari luar Jatim lho). Nah, kan bisa sambil cuci mata, liat berbagai macam pilihan dan tentu saja lakukan tawar-menawar.





Tuh kan banyak banget pilihannya. Ada ikan mas, ikan koki, ikan cupang, ikan rainbow dan ikan hias lainnya. Ada juga berbagai ukuran lobster air tawar, berbagai jenis&ukuran kura-kura, ikan arwana, ikan lele, belut air, ikan sidat dan jenis ikan konsumsi lainnya dengan berbagai ukuran. Lalu juga ada akuarium (berbagai ukuran), batu hias, semua peralatan untuk membuat aquascape & aquaponic, berbagai macam pakan ikan dan kura-kura. Sayangnya aku ga ada persiapan untuk mem-foto-nya satu persatu, saking riwehnya sama orang-orang yang lalu lalang.

Jika kamu baru pertama kali berkunjung, lebih baik kamu minta ditemani oleh orang yang tau kondisi dan harga kisaran disana, jadi kamu tidak akan tertipu dengan harga yang diberikan penjual.

PIHGS ini terdiri dari 2 lantai. Lantai bawah untuk hewan air (hasil perikanan dan non ikan) dan lantai atas untuk hewan darat (kucing, anjing, kura-kura darat dsb). Aku pernah sekali naik ke lantai 2, tapi karena tidak menarik perhatianku akhirnya kalau aku main kesana aku ga pernah naik lagi hohoho.


Oiya sampai lupa, bagi kamu-kamu yang belum pernah kesana. Nih aku kasih alamatnya, jalan Gunungsari no 71 Surabaya. Atau jika kamu masih bingung dengan tempatnya, kamu googling ajah. Bukanya setiap hari dari jam 10-22. Parkir sekali masuk Rp 2000,- bayar dimuka. Karena uda kenal sama bapak penjaga parkirnya, kadang kalau aku ga punya uang kecil, beliau selalu bilang, "gak papa mbak nanti aja bayarnya ato besok besok kalo mbak kesini". Xixixi ada ada aja bapaknya.

2 komentar:

  1. Bisa kasi info jual bibit gurami super gak ,,,,?

    BalasHapus
  2. Bisa kasi info jual bibit gurami super gak ,,,,?

    BalasHapus

Hai. Terima kasih sudah berkunjung.
Bunga mawar mekar di taman. Beri komentar lalu berteman ^^

Diberdayakan oleh Blogger.