Pilih Multivitamin Yang Benar, Gimana Caranya?

Multivitamin merupakan bagian dari penggolongan suplemen dan mengandung banyak zat-zat gizi dan non gizi yang digunakan untuk meningkatkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) pada tubuh. Mineral memegang peranan dalam pemeliharaan fungsi tubuh dari tingkatan rendah seperti sel hingga organ. Selain itu, mineral berperan sebagai kofaktor dan mengatur aktifitas enzim di berbagai tahap metabolisme tubuh. Karena multivitamin dan mineral tidak bisa dibentuk oleh tubuh, maka keduanya harus didapat dari bahan-bahan alami pada sayur maupun buah-buahan.



Manfaat utama multivitamin dan mineral adalah memenuhi asupan nutrisi harian tubuh yang tidak tercukupi dari pola makan sehari-hari, misalnya vitamin A, vitamin C, vitamin D, magnesium, serat, natrium, kalsium dan kalium. Mengkonsumsi multivitamin dan mineral memang dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi sebagian orang seperti orang yang rentan mengalami defisiensi nutrisi atau kekurangan zat gizi, seperti lansia, ibu hamil, dan penderita malabsorbsi makanan.

Banyaknya ragam multivitamin dan mineral yang beredar di pasaran maupun toko online vitamin kadang membuat kita kebingungan. Manakah multivitamin dan mineral yang terbaik yang cocok untuk tubuh? Sebelum memilih multivitamin dan mineral, ada kalanya kita harus memperhatikan ini :

1. Siapakah anda?

Jika anda sedang memiliki penyakit, maka anda disarankan untuk mengkonsumsi vitamin tertentu dengan resep dokter.

Jika anda seseorang yang melakukan diet sehat, maka anda memerlukan beberapa multivitamin yang mengandung kalsium, zat besi, dan magnesium. Kalsium berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sementara itu, zat besi membantu mencegah anemia. Ada juga kandungan magnesium yang membantu kinerja zat besi di dalam tubuh.

Jika anda seorang yang sedang dalam masa pertumbuhan dan memiliki segudang aktivitas, maka anda memerlukan beragam multivitamin dan mineral untuk tubuh dan tulang.

Jika anda sedang memasuki usia lanjut, maka disarankan untuk mengkonsumsi multivitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jika anda sedang dalam kondisi hamil dan menyusui, maka tubuh anda akan membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk Ibu dan bayi. Mengkonsumsi multivitamin yang tinggi asam folat dan kalsium akan sangat diperlukan.


2. Bagaimana gaya hidup anda?

Jika anda tergolong orang yang memiliki segudang aktivitas dan sering kali melewatkan sayuran dalam menu sehari-hari, pilihlah produk yang banyak mengandung vitamin seperti beta-karoten, vitamin C, dan vitamin E.

Jika anda yang lebih sering beraktivitas di malam hari, sebaiknya pilihlah produk yang banyak mengandung vitamin D.

Untuk anda yang ingin mendetoksifikasi zat-zat berbahaya akibat merokok berlebihan, pilihlah produk yang mengandung vitamin lengkap untuk hasil maksimal.

Jika anda sedang melakukan diet atau mengurangi porsi makan, maka pilih multivitamin yang mengandung kalsium, zat besi, dan magnesium.

Jika anda rutin melakukan latihan atau olahraga khusus seperti fitness, sebaiknya pilih produk yang banyak mengandung berbagai macam asam amino. Asam amino esensial, seperti valina, leusin, isoleusin, metionin, fenilalanin, lisin, treonin, histidin, dan triptofan, dipercaya mampu meningkatkan kinerja otot.

Jika anda yang tidak memiliki rutinitas olahraga, tetapi sering merasa pegal-pegal sepulang bekerja, produk dengan kandungan asam amino esensial dapat menjadi solusi. Bila menu makan Anda berpusat pada karbohidrat, multivitamin dengan kandungan asam amino esensial maupun nonesensial lebih disarankan.



Multivitamin dan mineral tambahan memang bermanfaat untuk tubuh. Namun yang perlu diingat, mengkonsumsi multivitamin tidak dapat menggantikan pentingnya gaya hidup sehat. Oleh karena itu, sebaiknya terapkan dahulu pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara rutin, berhenti merokok, dan menghindari stres, sebelum mengonsumsi multivitamin ya.

2 komentar

  1. Jadi sebenernya jangan asal pilih vitamin ya mba :) . Yg ttg berbagai macam asam amino, aku jadi tahu kalo itu bagus buat otot.

    Aku rutin sbnrnya minum vitamin, apalagi sejak pandemi. Ga pernah skip. Dan mengubah pola makan + workout juga. Jadinya selama pandemi, Alhamdulillah sih belum pernah sampe sakit, sempet positif COVID, tapi itu juga OTG sampe akhirnya hasil tes negatif lagi. Makanya untuk anak2ku, aku KSH multivitamin dan madu juga, biar mereka ga gampang sakit. Pastinya yg sesuai umur mereka juga. Si Kaka kan udh mulai sekolah tatap muka soalnya. Makinlah aku pastiin dia benar2 patuh Ama prokes dan multivitamin ga pernah lupa

    BalasHapus

Hai temans pembaca, salam kenal, saya Lisa.
Saya sangat ingin mendengar komentar temans setelah membaca cerita saya, silahkan, temans bebas berkomentar apa saja namun harap tetap menjaga kesopanan ya.
Terima kasih ^^.