Hari Ini Taiwan Turun Level COVID, Sudah Boleh Makan Ditempat!

Ini nih yang bikin kami bertiga (soon jadi berempat) bersyukur banget.


Bagaimana tidak, dua bulan lebih sudah kami tidak jalan-jalan (plus jajan--makan ditempat). Kesehariannya hanya berangkat kerja pagi lalu pulang malamnya. Kalau mau makan pun harus dibeli dan dimakan di rumah. Rasanya, kurang pas buat keluarga Alamsyah satu ini kalau makan beli di luar tapi ngga dimakan di tempat. Tapi alhamdulillahnya, duit simpanan jadi lebih banyak karena jajan berkurang.

Hari ini pemerintah Taipei dan New Taipei City menurunkan status level covid dan memperbolehkan penduduknya untuk makan di tempat dan berwisata. Bertepatan pula (sudah direncanakan sebulan sebelumnya) hari ini waktunya saya kontrol ke rumah sakit untuk periksa kandungan. Sudah pasti ada moment "menunggu" giliran. Dan alhamdulillah lagi, kami bisa menunggu sambil makan siang di tempat. YEAIYYY.

Jadi bagaimana situasi tempat makan setelah akhirnya diperbolehkan makan di tempat?

Crowded dan panjangnya antrian, sudah pasti. Yang bikin salut, pegawainya semua tanggap dan siap. Sehingga waktu antrian tidak lebih dari lima belas menit secara keseluruhan. Walau mereka konsentrasi dalam menangani pengunjung yang datang, mereka tak lupa menunjukkan senyum keramahan, seolah-olah membuat tempat makan "hidup kembali". Inilah warga Taiwan yang sebenarnya.

Pegawai perempuan sedang bercengkerama dengan pelanggan


Total ada empat tempat yang kami kunjungi hari ini. Pertama jajan ayam halal dengan rasa khasnya, kedua untuk makan siang di mekedi, ketiga makan sore di halal beef noodles, keempat jajan cincu naicha khas Taiwan. Waaaakkkk, balas dendam ini namanya.

Selain mas husband yang merasa gembira "pakai banget katanya" karena sudah boleh makan di tempat, #SingkekKriwul pun tak luput ikut gembira. Gembiranya balita yaa bikin gaduh lari sana lari sini lompat sana lompat sini nyanyi sana nyanyi sini, wkwkwk ngga bisa diam seperti balita lokal : unstopable child.


Hujan mengguyur deras saat kami sedang berada di tempat kedua, tapi tak lama. Langit terlihat mendung seperti ingin menumpahkan kembali air hujannya, tak menyurutkan ramai kendaraan lalu lalang dan aktivitas orang-orang.

Langitpun masih mendung dan nampak hujan rintik rintik saat urusan kami selesai. Keluar rumah sakit, kami bingung mau kemana. Awalnya ingin makan bakso. Kan pas ya ujan-ujan terus jajan bakso, eh lupa ini di Taiwan, mana ada abang tukang bakso mangkal didepan rumah sakit. Ngga pake lama, diputuskanlah ke Toko Indo terdekat dari rumah sakit. Sampai disana, mendadak kecewa karena tempat tersebut belum diperbolehkan makan di tempat. Bertolaklah kami pulang ke rumah aza bikin bakso sendiri. Tapi lihat jam tangan, jarumnya masih menunjukkan pukul empat lebih. Dipikir lagi masih terlalu dini untuk pulang ke rumah haha.

Perjalanan ke rumah, tercetuskan ide untuk mampir Ximen karena pas searah juga jalan pulangnya. Mampirlah ke halal beef noodles dulu buat ngangetin perut. Setelah itu baru jalan-jalan sekitar Ximen.

Ini tulisan receh saya. Setelah lima bulan tak pernah update--tak punya ide dan waktu untuk menulis--pekerjaan benar menyita waktu tiap harinya--ah memang saya yang tidak bisa bagi waktu. Tapi harapan dan kelegaan saya tidak receh.

Taiwan hidup kembali, setelah lama bersabar untuk tidak keluar rumah, kini penduduknya sudah bisa menuai hasil kesabarannya. Semoga terus berkelanjutan turun levelnya. Dan semoga Indonesia bisa cepat pulih dan merasakan hal yang sama.

23 komentar

  1. Akupun berharap gitu mba. Tp kalo melihat warganya yg banyak ngeyel, ga percaya wabah, udahlah aku speechless -_- . Capek ngeliat mereka. Di lingkunganku aja ibu2nya Ama anak mereka msh gosip2 di depan rumah. Ga usah tanya pake masker ATO ga. Jaga jarak aja males..

    Aku udh tahap pasrah Ama pandemi ini. Mnding fokus utk terus ngembangin budget travelingku, supaya kalo ntr udh bisa jalan, bisa langsung sebulan hahahahah . Aku harus mikirin traveling trus biar tetep waras

    BalasHapus
    Balasan
    1. Didoain aja mbak, agar yg bandel-bandel itu segera sadar 😁.
      Ato suda cuekin aza, dan fokus nambah budget buat jalan-jalan hihihi. Yuuukk main Taipei sini mbak 😆

      Hapus
  2. stay safe and stay healthy everyone :D

    BalasHapus
  3. Sehat selalu Mba Lisa. Jakarta juga akhirnya turun juga nih, di level 2. Semoga membaik dan kita bisa jalan-jalan lagi seperti Mba Lisa di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Harapan yg besar untuk Indonesia agar bisa segera membaik.
      Sehat sehat terus mbak Mutia ^^

      Hapus
  4. Alhamdulillah, sekarang Indonesia juga udah mulai normal kembali seperti sediakala. Jangankan tempat makan, tempat wisata aja sekarang udah padet dan macet mulu. Aplikasi pedulilindungi juga sebagian besar udah ga dipake.

    Semoga 2022 kita semua udah normal seutuhnya yaa. Amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyup mas, tapi ngga bole lengah ya. Apalagi dengan adanya prediksi gelombang ke 3 tsunami covid dari KEMENKES, kita harus tetap waspada ^^

      Hapus
  5. Alhamdulillah dunia sudah mulai membaik. Semoga terus membaik. Dan kembali seperti sedia kala. Aamiin.

    Di Madura aku juga merasakan itu. Kekhawatiran untuk main ke antar Kabupaten mulai berkurang. Ah, semoga terus seperti ini.

    Stay safe ya bumil...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Yuni tinggal di Madura? 🤩. Wah senangnya bertemu blogger Madura.
      Alhamdulillah beberapa orang disana juga akhirnya mau di vaksin ya mbak, jadi bisa makin berkurang nih kekhawatiran akan penyebaran covid..
      Stay safe juga mbak Yuni ^^

      Hapus
  6. Waah seneng banget bacanyaa akhirnyaa yaa bisa jalan2 dan makan di tempat. Covid ini bener2 menguras kesehatan fisik dan mental. Sehat selalu mbak dan keluarga di Taiwan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mbak Agustha, covid memang banyak nguras kesehatan fisik dan mental. Wlo begitu kudu tetep semangat dan semoga ujian ini segera reda.
      Sehat-sehat juga mbak Agustha dan keluarga ^^

      Hapus
  7. Semoga dunia terus membaik
    Ayo ayo kita bisa lalui pandemi ini
    Tetap sehat, optimis dan semangaaaat

    BalasHapus
  8. Amiin amiin..
    Semoga setelah ini, nggak ada lagi yang namanya level covid naik ya.. Biar kkta bisa sebebas dulu lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinnn ya robbal 'alamiin..
      Wlo nanti uda bebas, tetep kudu ada waspadanya ya mbak Ria, biar ndak keulang lagi covidnya ^^

      Hapus
  9. Semoga semakin membaik di Indonesia maupun disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiinn.
      Terima kasi suda menyempatkan berkunjung ke blog saya disela meruntut undang-undang, mbak Jihan ^^

      Hapus
  10. Alhamdulillah, pelan-pelan di beberapa negara level covidnya menurunu. Termasuk Taiwan juga.

    Iya, rasanya gimana gitu ya, ke resto tapi beli makannya harus dibungkuw, kurang sreg hahaa. Untungnya sekarang udah boleh makan di tempat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Ery, alhamdulillah bangett.
      Rasanya klo ngga makan ditempat bagi yg hobinya jalan dan jajan itu menyiksa bener ya hehe.
      Sehat terus ya mbak Ery ^^

      Hapus
  11. Wah ditempatku belum boleh makan ditempat, kalaupun boleh ada waktu untuk bisa makan ditempat.. Duhhh udah kek perlombaan aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh sabar mas Andri, harus bersabar biar ngga meluas penyebaran covidnya.

      Hapus
  12. Alhamdulillah ya, mbak di sana sudah mulai normal lagi kehidupannya. Kalau di sini sih warganya ya gitu deh kayak nggak ada Corona. Hehe. Tapi semoga aja tahun depan kita semua sudah bisa bebas dari masker

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Ayoklah Indonesia pasti bisa bebas masker tahun depan. Masyarakatnya banyak, klo banyak yg gotong royong juga pasti akan lebi cepat selesai covidnya ^^

      Hapus

Segitu dulu cerita kali ini. Terima kasih temans membaca artikel ini sampai akhir. Semoga bermanfaat.
Saya sangat ingin mendengar komentar temans setelah membaca. Silahkan, temans bebas berkomentar apa saja namun harap tetap menjaga kesopanan.
Sayang sekali komentar dengan subjek Anonymous akan terhapus otomatis, jadi mohon kesediaannya untuk memberi nama asli ya.
Terima kasih ^^.
Love, Lisa.