Asyikkkk, Dapat Rejeki Dari Menang Fapiao Taiwan, Gimana Caranya?


Caranya, baca bismillahirrohmaanirrokhiim terlebih dulu, kemudian setiap belanja jangan lupa kumpulkan fapiaonya (struk pembelanjaan), tiap akhir bulan pantau aplikasi Invos Taiwan dan yang terakhir (yang paling penting) 'jangan ngarep ketiban durian runtuh dinegeri orang' (karena di negeri orang belum tentu ada musim durian) hehehe.


Baca dulu : Dapat Jackpot Fapiao Taiwan !


Ada temans sesama istri expat yang kasih saran gimana kalau dipublikasikan juga cara penukaran hadiah menang fapiaonya. Baique, buat temans apa sih yang engga, informasi saya kasih semuaaa, gratiss tidak dipungut biaya, temans tinggal baca sampai akhir yaa.

Saat tau menang undian fapiao, maunya saya ingin langsung ditukar hadiah pas besoknya. Kebetulan uda akhir bulan kan ya waktu itu, wes menurut saya pas lah buat nukar hadiah (wkwkwk otak emak satu emang ingin buru-buru kalau soal uang, betewe ini siapa yang samaan?xixi). Kemudian pass ada mbak-mbak TKI kasih info kalau ternyata penukaran hadiah menang fapiao baru bisa dilakukan setelah tanggal 6 awal bulan depan. Lha masya allah suwineee~

Memang saya harus dituntut untuk bersabar. Tapi kadang sabarnya saya nunggu sampai lupa dan kebablasan, ngga segera ditukar hadiahnya hadeeehh. Untung diingatkan sama mas husband, jadilah kami tukar hadiah fapiaonya hari Jum'at minggu kemarin saat halan-halan ke Tamsui.


Penukaran hadiah dimana?

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, hadiah (maksimal 1000NTD) dapat ditukar di convenience store seluruh Taiwan. Kalau kami, lebih suka ke Seven Eleven karena ada dimana-mana hehe. Jadi yang terjangkau kaki saja kalau mau tukar hadiah, ngga perlu rempong naik je'in (tulisan : Jié yùn atau 捷运 atau MRT/kereta bawah tanah) dulu ato bus, mak kesuwen.

Untuk hadiah yang besar : lebih dari 1000NTD, hadiah utama jackpot senilai 10juta dan atau 2juta dolar Taiwan hanya bisa dilakukan di bank ya.


Apa yang perlu disiapkan sebelum penukaran?

Siapkan ID Card, ini yang paling utama, kalau di Taiwan mau kemana-mana jangan sampai lupa bawa ID Card ya, takut dikira kaburan (orang asing yang tinggal di Taiwan secara ilegal).

ID Card ini berupa ARC (Alien Resident Certificates; untuk penduduk luar Taiwan yang hanya tinggal sementara di Taiwan) dan atau APRC (Alien Permanent Resident Certificates; untuk penduduk luar Taiwan yang menetap tinggal di Taiwan; kalau kita menikah dengan orang Taiwan atau bekerja dan berprestasi sehingga mendapat pengakuan kantor dan negara maka kita dapat mengajukan kartu ini).

Kemudian siapkan sejumlah uang juga untuk membayar administrasinya. Ngga banyak koq, kemarin saya dikenakan biaya 4NTD untuk penukaran hadiah di Seven Eleven.


Runtutan penukaran hadiahnya bagaimana?

Ini berdasarkan pengalaman kemarin saya tukar hadiah ya, bismillah semoga ngga ada yang terlupa.

Pertama, kita datang ke convenience store terdekat. Kalau saya lebih memilih Seven Eleven karena pasti dapat kita jumpai dimana-mana.

Kedua, sapa mbak atau mas penjaga kasirnya. Lalu bilang 對不起,我想交換發票禮物 (Duìbùqǐ, wǒ xiǎng jiāohuàn fāpiào lǐwù). Artinya : Permisi, saya ingin menukar hadiah fapiao.

Ketiga, penjaga kasir nantinya akan berkata sesuatu, kemungkinan besar dia akan meminta kita untuk menunjukkan ID card dan bukti fapiao yang kita menangkan. Berikan ARC dan fapiao ke penjaga kasir. Mereka akan mencatat beberapa hal dari identitas kita.

Keempat, penjaga kasir kemungkinan akan bertanya mau diberi cash atau masuk ke Easycard atau kartu lain?. Nah ini sesuai kebutuhan ya. Kalau temans suka cash, ya diambil cash. Kalau suka yang simple atau ngga mau pegang uang dengan alasan uang itu banyak bakterinya (ada lhooo yang kayak gitu) maka hadiahnya dimasukkan ke Easycard atau kartu lain.

Kelima, sebelum penjaga kasirnya menyerahkan uang hadiah, kita akan diminta biaya administrasi. Biaya administrasi ini kemungkinan tergantung dimana kita menukar hadiahnya. Saya menukar hadiah di Seven Eleven Tamsui District dikenakan biaya administrasi sebesar 4NTD.

Keenam, jangan lupa bilang Xie xie nii atau dalam bahasa Indonesianya Terima kasih yaa. Juga jangan lupa ambil kembali kartu identitas kita (jangan kayak saya, saking euforia nya dapat hadiah, sampe lupa ngga ambil ARC dari penjaga kasirnya, alhasil seminggu kemudian balik ketempat yang sama untuk ambil, coba bayanginnn Banqiao-Tamsui mameeennn).

Ketujuh, kalau ingin lebih mengerti bahasanya, sebelum memulai transaksi bisa bertanya dulu ke penjaga kasir, Can you speak English? atau Ni keyi ingwen ma?. Nah, semoga temans mendapati mbak atau mas penjaga kasirnya bisa English, karena sejatinya kebanyakan mereka hanya sedikit mengerti English.



Guampang banget ya. 

Jadi begitulah cerita saya menang fapiao Taiwan. Sebenarnya saya masih penasaran dengan cara pengambilan uang di bank,, itu kalau semisal saya menang hadiah besar hihihi. Engga berani ngarep durian jatuh saya, tapi teteup berdoa semoga kalau dapat hadiah--rejekinya barokah. Aamiin.

Terima kasih temans sudah membaca artikel saya, sampai jumpa di artikel selanjutnya ^^.

3 komentar

  1. Waaah selamat mba, lumayan bangettt dapat uang jajan tambahan hihihihi 🥳 Kalau di Indonesia rasanya jarang kumpulkan struk belanja berhadiah cash. Mostly pasti barang 😂 Paling sering dapat stamp terus tukar barang tapi harus tambah bayar sekian sekian. Hehehehehe 😆

    Semoga next time kesampaian dapat 2 juta dollar Taiwan, rejeki nggak ke mana soalnya 😍💕

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiinnn.. Kenceng ngamininnya hihihi.
      Iya nih, semoga Indonesia bisa menerapkan fapiao begini, biar rakyatnya makin senang bayar pajak:D

      Hapus
  2. waaahhh asik dapet uang jajan. mendadak pengen juga dapet durian runtuh. ehhhhh latah.
    semoga nanti dapat yang lebih besarnya. aamiin

    BalasHapus

Hai temans pembaca, salam kenal, saya Lisa.
Saya sangat ingin mendengar komentar temans setelah membaca cerita saya, silahkan, temans bebas berkomentar apa saja namun harap tetap menjaga kesopanan ya.
Terima kasih ^^.