Dapat Jackpot Fapiao Taiwan ! Beneran Nih ?

Fapiao itu apasih?

Dikenal dengan nama Chinese Tongyi Fapiao (統一發票), artinya faktur seragam. Hahahaa aneh ya artinya. Begini maksudnya, pemerintah Taiwan mengadakan undian setiap dua bulan sekali untuk mendorong konsumen membeli barang di toko-toko yang membayar pajak. Fapiao atau struk pembelian ini adalah sebagai bukti jika toko tersebut membayar pajak rutin ke pemerintah, sekaligus jadi trigger masyarakat untuk membeli karena adanya undian tersebut. Undian ini legal dan sekiranya bukan termasuk judi ya.

Uniknya, yang foreigner macam kami ini punya kesempatan mendapatkan hadiahnya lhooo. Kalau semisal kita dapat nih, kita bisa menukarnya di convenience store (contohnya yang terkenal 7-11 dan atau Family Mart, karena disetiap sudut blok gedung muzti ada) maksimal hadiah 1000NTD. Dan jika mendapat jackpot lebih dari nilai tersebut, kita bisa redeem ke bank. Tentunya harus membawa identitas diri dan bukti fapiao nya saat penukaran.

Ini ngomongin hadiah duluan bikin ngiler. Belum tentu dapat jugak khan. Dapat ngga ya kira-kiraaa.

Rajin kumpulin fapiao dulu~

Jadi ceritanya, saya mulai (kembali) tertarik mengumpulkan fapiao saat bulan September kemarin. Entah mengapa rajin gitu ngumpulinnya dan dimasukkan ke dalam box kecil, setiap belanja di luar. Awal-awal tahun kedatangan ke Taiwan pun saya pernah rajin ngumpulin, tapi karena minim informasi dan waktu pengundian kami ngga dapat, selanjutnya kami males ngumpulin lagi hihihi.

Semalam disela waktu santai sepulang dari jalan-jalan ke night market dekat rumah, kami iseng buka box yang isinya kumpulan fapiao dari bulan September. Masya Allah, lumayan banyak ya #uhuk. Saya pisahin itu fapiao. Karena diundi tiap dua bulan sekali, saya pisahin fapiao yang periode sekarang (Sept-Okt) dan yang periode kedepan.

Biar cepat pakai aplikasi 'Invos'

Struk pembelanjaan atau fapiao di Taiwan yang saya tau ada dua bentuk lembaran pendek dan lembaran panjang. Untuk yang lembaran pendek terdapat barcode yang bisa langsung di scan di aplikasi Invos. Untuk yang lembaran panjang, ada sih barcode nya tapi kebanyakan tidak bisa terdeteksi di aplikasi, jadi kita harus mencocokkan secara manual.

Kita buka aplikasi Invos (download dulu di Play Store ato App Store).

Lihat dan klik paling bawah bagian tengah ada gambar kotak (yang ditengahnya putus) dengan tulisan 對獎器 (prize counter). Kita bisa langsung scan barcode lembaran pendek fapiao tadi.




Jangan lupa untuk menyalakan suara media handphone kita ya. Jadi biar berasa gitu kalau semisal dapat jackpot haha.

Kalau fapiao punya kita ngga cocok dengan undian, akan muncul gambar seperti ini.


Oiya, ternyata tidak semua fapiao lembaran pendek terdeteksi, terutama fapiao yang lecek karena kelipet-lipet dan juga ada yang cetakan barcode nya yang tidak sempurna. Solusinya, kita harus mencocokkan secara manual. Mencocokkan secara manual ini juga berlaku untuk fapiao lembaran yang panjang ya.

Caranya, di laman scan tadi, disebelah kiri terdapat lingkaran warna kuning yang bertuliskan angka 888 dan 中獎號碼 (prize number), klik lalu muncul angka undiannya seperti ini.


Dari sini kita cocokkan angka yang tertera di aplikasi dan di fapiao. Nyocokin angkanya mulai dari yang belakang ya gengs. Kalau saya langsung ke empat digit angka terakhirnya, biar cepet gitu.

Kalau dapet?

Alhamdulillah dapet! Kalau dapet, aplikasinya nanti bunyinya lebih nyaring dan meriah gitu. Dan tampilannya jadi seperti ini.

Hampir dapat jackpot 40.000 NTD !

Seandainya nih, lima angka terakhir disalah satu lembaran panjang 'hampir' sama dengan yang tertera di undian. Kalau sama, dapet deh jackpot. Tapi sayang belum beruntung hihihi. Angkanya meleset sedikiiitt. Kata mas husband ngga ikhlas, "ini struk belanja dapat dari mana sih, dua orang sebelum kita yang beruntung nih!" Hahaha. Emang belum rejeki ya mau gemana lagii hihi.


Gapapa ngga dapat jackpot, malah bersyukur akhir bulan dapat rejeki dari Allah. 1200NTD lumayaaannn buat jajan hehe, maka nikmat mana yang bisa didustakan... Alhamdulillah.

Mas husband udah bikin video menang fapiao, lihat video youtube kami ya, klik disini.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya ^^.

2 komentar

  1. Waaah lumayaaan mba segitu :D. Aku slalunya kurang beruntung kalo undian, ga prnh dapeeet hahahahah ... Makanya kalo ada pengundian hasil belanja , udh pesimis duluan, halaaah paling ga menang hihihi.. bagus juga bisa dicek di aplikasi gini yaaa. Segalanya udah pake sistem kalo di China dan Taiwan ya mba. Keren sih.

    BalasHapus
  2. He.em mbak, di Taipei hampir semua fasilitas publik di-smartcity-in. Motto mereka kalau bisa dipermudah ngapain disusahin hihi.
    Beruntungnya mbak Fanny kalik ngga di undian, tapi di rejeki yang lain pastiii,, aamiin yaaa :D

    BalasHapus

Hai temans pembaca, salam kenal, saya Lisa.
Saya sangat ingin mendengar komentar temans setelah membaca cerita saya, silahkan, temans bebas berkomentar apa saja namun harap tetap menjaga kesopanan ya.
Terima kasih ^^.