Starbucks Pertama Taiwan, Creepy Gini Dibuat Nongkrong, Apanya Yang Asik?


 
Semua berawal dari iseng!

Yaa, iseng skrol skrol beranda line akun Starbucks Taiwan dengan alasan keingat ini akun pernah posting tentang gerai Starbucks yang memiliki taman dan dikelilingi bunga Sakura. Siapa tau bisa mampir kesana buat menghabiskan me time awal spring Februari kemarin, pikir saya waktu itu.

Kalau me time nya mas husband, minta hari Sabtu atau Minggu untuk main futsal. Kalau me time saya minta satu hari saat weekend untuk 'libur' agar bisa buka laptop dan ngeblog. Waktu me time ini kami lakukan diluar waktu jalan-jalan keluarga, tapi kalau pas waktu jalan-jalan keluarga ngga ada ide mau kemana, nongkrong dan ngopi lah jadi ajang refreshing kami. Dan ternyata me time ini memang berdampak sekali terhadap kewarasan pikiran (saya lebih tepatnya hehe).

Seperti yang kita ketahui, Starbucks merupakan salah satu franchise mendunia yang sejatinya tak hanya 'menjual kopi'. Mereka juga menjual properti dan suasana. Sebenarnya di Taiwan ada banyak brand lokal yang mengusung tema 'kopi dan nongkrong' sih...

Yang saya tau ada 85°C (Pa Se Wu) Daily Cafe, Dante Cafe, Dreamers Coffee Roasters, City Cafe 7-11, Let's Cafe Family Mart. Dan yang paling terkenal dikalangan mahasiswa asal Indonesia yakni Cama Cafe dan Louisa Coffee. Mas husband si pecinta kopi pernah bawa kopi dari berbagai macam brand tadi, dan yeah bagi amatiran seperti saya rasanya pahit dan ngga enak semua wakakak. Jujur saya bukan pecinta kopi, saya hanya pecinta suasana tempat nongkrong warung kopi. Pun kalau nongkrong di 'warung kopi', pesenan saya ya kalau ngga Frapucino atau es teh susu manis. That's it.

Do'i : Ibu mau pesan apa? || Saya : Yang biasanya ayy..


Saat di Indonesia, pilihan nongkrong dan ngopi saya cuma di dua tempat : Coffee Toffee dan Starbucks. Karena Coffee Toffee ngga ada di Taiwan, maka hobi nongkrong di warung kopinya berlanjut di Starbucks ha ha. Gimana engga pilih Starbucks, uda suasana enak, nongkrong sambil konsentrasi bikin artikel bisa lama, plus minuman favorit pasti ada. Kalau di Taiwan tempat nongkrong (yang bisa lama duduknya), bisa dihitung jari.

Kembali ke laptop!

Iseng mencari postingan Starbucks di Taipei yang dikelilingi tanaman Sakura, ketemunya justru postingan video tentang Starbucks pertama yang didirikan di Taiwan. Historinya berasal dari tahun 1998, franchise Starbucks berdiri di kota Taipei tepatnya di daerah Tienmu. FYI, sampai tahun 2021 kemarin, jumlah gerai Starbucks di Taiwan ada 500-an. Lumayan dahsyat banyaknya untuk ukuran si pulau formosa yang luasnya hanya seperempat dari pulau Jawa!. Pas kebetulan bulan Maret ini celebrasinya, exciting lah saya berkunjung ketempatnya untuk 'nongkrong'.

Pas hari H datang ke tempat : Jeng jeeengg!
 


Vibenya creepy banget ya sis. Macam mau masuk area Hogwards gitu pas lihat pintu gerbangnya. Pasalnya sudah ada pohon hitam buessaaarrrr yang menunggu dari balik gerbang.
 
"Beneran ini nih?", tanya do'i. "Masuk ngga?"


Si pohon ini punya batang utama yang besar dan banyak cabang ranting (yang juga bewarna hitam) dengan sedikit daun dan bunga yang tumbuh. Biar kelihatan asri, sepertinya sang manager kala itu kasih tanaman hijau disepanjang pagar yang mengelilingi bangunan. Biar ngga dikira musim gugur all the time juga ya.

Masuk juga akhirnya ha ha.
 



Bangunan Starbucks ini memiliki dua lantai. Kabarnya, dari tahun 1998, arsitektur bangunannya tak banyak berubah. Biar dikata pondasinya tembok besi beton semua, tapi properti didalamnya adalah kayu mahoni. Sederhana namun eternal. Seperti gerai Starbucks kebanyakan, lampunya dibikin remang ramah mata dengan alunan musik jazz yang cocok sekali buat tidur #lho buat belajar.

Salah kami datang pas hari Minggu--pas sore lagi, ramai pengunjung bikin ngga intimate menikmati suasana. Bahkan kami hampir ngga kebagian tempat duduk huhuhu. Beruntung ada bapak-bapak baik hati memberikan tempatnya ketika melihat saya menggendong Meilin dan menggandeng Kia. Beliau menyuruh anaknya bergegas berkemas dan pergi lalu mempersilahkan saya untuk segera duduk. Duh baiknya ♡.

Let's see the pictures (inside building) of the First Starbucks in Taiwan !.


Happy Birthday Starbucks Taiwan!







See, kebanyakan yang nongkrong disini pasti bawa gadget. Kebanyakan dari mereka ada terlihat menunduk : mengerjakan tugas sekolah, tugas kuliah, dan ada pula yang sedang bekerja. Hampir tidak terlihat orang yang hanya nongkrong dan talking to much alias nggedabrus, that's why suasana disini nyaman banget untuk belajar dan tidur (kalau saya ngerasain sepi gini bawaannya tidur mah, untung ada Kia yang sedang keranjingan bertanya).
 
Muka ngga jadi ngantuk, thx lho ayy candidnya~


Ada yang baru bangun~ #SingkekLurus
 
Jadi apanya yang asik?

Buat saya, nongkrong bareng keluarga lah yang asik! Dimana aja teteup asik! Even cuma chit-chat, liat gadget, liat kelakuan anak-anak explore tempat baru (kalau #SingkekKriwul : ngisengin cece yang duduk sendirian dan sedang melamun wkwk), ato ngomongin visi misi kedepan. Such a pleasure punya husband yang se visi misi dan se hobi. Semoga do'i juga merasakan yang sama ((awass aja kalo enggak wakakak)).

Setelah main ke Starbucks pertama Taiwan, saya jadi penasaran kira-kira dimana ya Starbucks pertama yang didirikan di Indonesia?

10 komentar

  1. Hahahahaha kita sama mbaaaa. Ngopi mah utk nongkrong doang tujuan utamanya. Kalo rasa kopinya pait, ttp aja ga bakal ketelen. Nah strbx memang punya banyak pilihan sih yaaa, dr yg kopi beneran, Ampe yg fancy cocok buat penikmat kopi manis kayak kita 😂

    Aku sendiri suka Ama semua tempat strbx. Kebanyakan nyaman, kalo ada yg unik bisa jadi poin plus. Dan banyak tuh temen2ku kalo udh tahu aku bakal traveling ke negara2 mana, pada nitip Tumbler 🤣. Cuma yg ke Korut kemarin aja ga bisa nitip. Mana ada strbx di sana, yg ada juga dibredel semua merk Amerika wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. #toss #bukanpecintakopi tapi #pecintawarungkopi #buat nongkrong
      Hahaha. Betewe mbak, ngga takut ya pas traveling ke korut huhuhu, saya baca artikelnya mbak Fanny pas di korut ampun deh banyak deg-degan sayanya...

      Hapus
  2. Salut sama si bapaknya yang baik hati segera memberikan tempat duduk untuk mbak dan keluarga.

    Saya dan keluarga juga gitu mbak, dimana aja nongkrongnya ya tetap happy.

    Salam bahagia dari Paiton..

    BalasHapus
  3. Konsepnya unik mbak, creepy gitu ya. Jadi kalau ga tau dalemannya senyaman itu , ntar dikira masuk rumah hantu. Overall bagus juga
    Baca ini jadi pengen terbang ke Taiwan dan masuk sana juga 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kesampaian kepengennya mbak ;)
      Terima kasii suda berkunjung dan berkomentar ya ^^

      Hapus
  4. aku kalau mau ke tempat sperti itu harus tempat yang ada minuman yang bukan kopi. aku tuh gak kuat perutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi bisa ganti nongkrong di tempat ngeteh mbak ^^

      Hapus
  5. Hallo mba salam kenal.

    Wah ini konsepnya unik ya mba, kaya rumah hantu kalau dari luar tapi ternyata dalamnya bagus hehhehe.
    SBux emang salah satu tempat nonkrong ternyaman ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap betul cekaleee,,
      Makacii suda berkunjung ya mbak ^^

      Hapus

Segitu dulu ya cerita kali ini. Saya sangat ingin mendengar komentar temans setelah membaca cerita ini. Silahkan, temans bebas berkomentar apa saja namun harap tetap menjaga kesopanan ya.
Terima kasih ^^.
Love, Lisa.