Ini Nafkah Batin Yang Diinginkan Istri Dari Suami

Salah satu kewajiban seorang laki-laki terhadap seorang wanita yang telah ia nikahi atau yang disebut sebagai istri ialah memberikan nafkah, baik lahir maupun batin. Jika kewajiban tersebut tidak dilakukan, maka berdosalah ia karena hukum agama telah mengatur tentang pemberian nafkah pada istri sudah sangat jelas. Namun, apa yang terpikir dalam pikiran kamu ketika berbicara tenatang nafkah?

Mungkin kebanyakan dari kita menafsirkan bahwa nafkah adalah pemberian seorang suami kepada istrinya. Sebenarnya, tanpa kita sadari terkadang kita salah dalam memaknai arti nafkah yang sesungguhnya. Kebanyakan dari kita mengartikan nafkah lahir itu berupa materi yang wujudnya terlihat, sedangkan nafkah batin adalah pemenuhan kebutuhan biologis saja.

Padahal nafkah batin tidak hanya sebatas itu saja. Menurut kebanyakan kaum hawa, nafkah batin tidak selalu terletak pada pemenuhan kebutuhan biologis, melainkan ada yang lebih dibutuhkan oleh mereka. Mungkin “iya” saat di awal pernikahan. Tapi, seiring perjalanan usia pernikahan, hadirnya berbagai masalah juga kelelahan dalam proses berumah tangga, nafkah batin yang tadinya identik dengan hal yang bergelora, kemudian berubah menjadi biasa saja. Beberapa hal ini mungkin dilihat dari sisi humanisme wanita.

Source : google.com
Sesungguhnya inilah bentuk nafkah batin yang diharapkan para istri dari suami mereka berdasarkan pengalaman dari kebanyakan wanita yang telah menjalani hidup berumahtangga.

1. Para suami, luangkan waktu untuk membantu pekerjaan rumah tangga
Pekerjaan ibu atau istri dirumah tidak ada habisnya. Waktu luang untuk ongkang-ongkang kaki atau duduk manis menonton televisi mungkin menjadi sesuatu yang langka. Beberapa jam saja “diam” ( tidak melakukan apa¬apa) dipastikan pekerjaan ibu akan semakin bertambah dan menggunung. Piring dan cucian yang menumpuk, dapur berantakan, teras yang kotor, dan mungkin masih banyak lagi yang lain.
Buat para ayah atau para suami, cobalah saat anda pulang bekerja bisa sedikit rapih. Simpan baju bekas pakai anda ditempat yang semestinya, bukan dilempar atau disimpan semaunya. Belum lagi langsung perintah minta ini dan minta itu. Apalagi masih ditambah komentar tentang kondisi rumah yang tidak rapi, atau anak¬anak yang belum mandi.. jika para ibu memiliki suami seperti ini sabar ya.
Padahal jika saja para suami atau para ayah sepulang kerja bertanya dengan katakata yang lembut, “Mau dibantu apa sayang?” hmm..mungkin istri yang tadinya mau meminta anda membantu pekerjaan rumah, menjadi tidak tega meminta bantuan pada anda.

2. Berikan kepercayaan penuh untuk mengelola keuangan
Perlu diketahui bahwasannya Nafkah lahir, bukan soal berapa nominalnya. Tetapi terletak pada seberapa terbuka suami terhadap istrinya. Keterbukaan dan komunikasi menjadi hal yang amat penting dalam hal ini.
Hendaknya suami memberi kepercayaan kepada istri untuk mengelola keuangan rumah tangga, jangan mencurigai apalagi mengungkitungkit nominal yang diberikan atau mengatakan kalimat ini "Masa uang belanja belum juga seminggu udah habis?" kalimat seperti ini terkesan menyalahkan istri. Padahal terkadang ada kebutuhan¬kebutuhan rumah tangga yang harus dipenuhi yang sifatnya mendadak atau ada alat¬alat dapur yang terpaksa harus dibeli.
Ga mungkin juga kan ketika kita membeli peralatan dapur, menunggu izin suami dulu. Tapi pesan untuk para istri bukan berarti juga anda menggunakan uang belanja bulanan atau mingguan yang diberi suami seenaknya tanpa perhitungan dan tanggung jawab. Beli sesuatu itu harus sesuai kebutuhan tidak boleh berlebihan.
Bagi para suami, istri anda akan merasa bahagia ketika anda percaya padanya. Lebih berbahagia lagi saat anda memberikan nafkah sambil mengatakan “Ini gajiku sayang, sekian rupiah.. kamu pegang ya, jika nanti tidak mencukupi untuk membiayai rumahtangga kita, sampaikan saja, aku akan bekerja lebih keras lagi,” hmm.. seorang istri pasti akan luluh hatinya dan tidak akan minta macam¬macam tuh.

3. Menerima istri apa adanya dan tidak membandingkannya dengan wanita lain
Seperti apapun keadaan istri sekarang, ingatlah bahwa ia adalah jodoh terbaik untuk anda. Dialah yang menerima anda dengan kelebihan dan kekurangan anda. Dialah yang selama ini mendampingi anda baik saat senang atau susah, yang merawat anda saat anda sakit, menguatkan anda saat terpuruk.
Hargai pengorbanannya, jangan memuji wanita lain dihadapannya atau membandingkannya dengan wanita lain. Meski topiknya hanya sekadar warna Baju atau jilbab. Tidak ada wanita yang suka dibandingkan dengan wanita lain. Walaupun kalimat yang anda ucapkan bertujuan untuk memotivasi istri anda tetap saja hal itu akan menyakiti hatinya. istri suka dihargai sesuai keunikan pribadi mereka masing¬masing.

4. Luangkan waktu untuk ajak istri jalan-jalan
Istri manapun pasti senang jika diajak jalan¬jalan. Tidak selalu berbelanja dan beli berlian.. cukup dengan mengajaknya makan siang, mengantarnya ke pasar, atau bahkan sesekali menggantikan tugasnya antar jemput anak. Itu sudah cukup menyenangkan baginya.

5 Jadilah teman curhat dan pendengar yang baik
Seandainya para suami tahu, sifat alami wanita selain mempercantik diri demi anda adalah curhat. Berikan ruang untuknya agar ia dapat menyampaikan perasaannya pada anda. Dengarkan ceritanya, keluhannya, kesedihannya, impiannya.. Meski mungkin kadang terdengar sepele dan menimbulkan kantuk bagi Anda. Seorang istri akan merasa bahagia ketika suami merespon baik apa yang di ungkapkannya saat bersama suaminya. Hal ini baik dan dapat mencegah istri anda curhat ke orang lain. Karena jika curhatnya kesalah orang, maka akan berbahaya.

6. Membiarkan istri istirahat
Nah, inilah point akhirnya. Membiarkan istri tertidur lelap tanpa mengganggunya merupakan salah satu cara menyayanginya. Terkadang ada waktu istri anda ingin tidur dengan pulas, melepas kelelahan setelah seharian bekerja mengurus rumah. Kadang membiarkan istri beristirahat, justru menjadi nafkah batin yang istimewa bagi para istri.

Itulah bentuk nafkah batin yang diinginkan dan mungkin sangat diharapkan oleh seorang istri dari suaminya. Jika hal-hal di atas dapat dipenuhi, pasti seorang istri akan merasa sangat bahagia dan merasa suaminya sangat menyayanginya. Semoga para suami dapat memahami hal ini karena wanita memang selalu dimengerti meski terkadang mereka tak mengatakannya secara langsung. Dan semoga dengan adanya saling pengertian, kehidupan berumahtangga akan selalu berjalan harmonis dan langgeng hingga hanya ajal yang mampu memisahkan.

Sumber : Cinta Islami

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Segitu dulu cerita kali ini. Terima kasih temans membaca artikel ini sampai akhir. Semoga bermanfaat.
Saya sangat ingin mendengar komentar temans setelah membaca. Silahkan, temans bebas berkomentar apa saja namun harap tetap menjaga kesopanan.
Sayang sekali komentar dengan subjek Anonymous akan terhapus otomatis, jadi mohon kesediaannya untuk memberi nama asli ya.
Terima kasih ^^.
Love, Lisa.